STRATEGI MENDATANGKAN TRAFIK TANPA SEO Promosi via Facebook
Facebook (FB) adalah portal yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.
Terlebih Indonesia “Juara ke 3” negara yang penduduknya paling banyak mengakses FB.
Ini wajar mengingat budaya masyarakat kita yang menyukai silaturahmi/pertemanan.
Banyak masyarakat kita menggunakan FB hanya sekedar untuk menambah teman, chat, kumpul dengan teman lama dan sejenisnya.
Padahal FB bisa kita manfaatkan untuk berpromosi mengenai produk atau website kita.
Caranya beragam, mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar.
Berikut beberapa cara mempromosikan produk/web melalui FB :
1. Bergabung dengan komunitas yang memiliki member ribuan orang. Semakin banyak member akan semakin baik.
Anda bisa mencarinya pada menu pencarian di FB.
Misal anda ingin bergabung dengan komunitas bisnis online, maka cukup ketik “bisnis online” maka akan tampil komunitas tersebut.
Anda cukup memilih bergabung dengan komunitas yang anggotanya minimal ribuan.
Jika sudah bergabung maka pelajari apakah memungkinkan anda memposting iklan anda di grup tersebut atau tidak.
Anda cukup lihat saja apakah member lainnya ada yang memposting iklan mereka atau tidak. Hal ini penting agar kita tidak dianggap spammer.
Biasanya posting bisa dilakukan di wallatau berkomentar atau posting link website anda
Selain bergabung dengan komunitas yang sudah ada, anda juga bisa membuat komunitas sendiri.
Caranya adalah dengan membuat account FB khusus untuk berpromosi (terpisah dengan FB pribadi anda) atau jika ingin tetap menggunakan akun FB pribadi, maka anda bisa membuat membuat halaman (page) di FB.
Anda bisa lihat di http://www.facebook.com/pages lalu buatlah halaman Anda sendiri dengan mengklik tombol “Create Page”.
Cara seperti ini sebenarnya tidak mudah karena anda harus mengundang banyak orang kecuali anda memang memiliki produk atau website yang disukai banyak orang sehingga mereka rela bergabung dengan komunitas anda.
Bahkan ada orang yang menggunakan cara “akal-akalan” seperti memajang foto wanita cantik dan seksi sehingga mereka mau bergabung.
Cara lain bisa dilakukan dengan software pengundang massal seperti di facebookblaster.com atau di facebookfriendblaster.com yang tentunya anda harus mengeluarkan uang untuk membelinya.
Jika komunitas yang anda buat sendiri mampu membuat banyak orang bergabung hingga ribuan orang atau bahkan jutaan, maka selanjutnya pekerjaan jadi lebih mudah karena anda tinggal menyebarluaskan iklan anda dan meraup keuntungan lebih banyak lagi.
3. Jika dua cara diatas bisa anda lakukan tanpa biaya, maka cara berikut ini sangat mudah karena bisa menjangkau seluruh facebooker di daerah tertentu yang anda targetkan.
Namun untuk hal ini anda harus membayar biaya iklan ke FB.
Contoh penempatan iklannya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini (ditandai kotak merah).
Untuk memasangkan iklan di FB, anda bisa klik “Create an Ad” pada kotak dibagian paling atas lalu ikuti saja petunjuknya.
Yang terpenting adalah pastikan iklan anda muncul sesuai target pasarnya (negara, kota, usia, jenis kelamin dan lain sebagainya).
Facebook (FB) adalah portal yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.
Terlebih Indonesia “Juara ke 3” negara yang penduduknya paling banyak mengakses FB.
Ini wajar mengingat budaya masyarakat kita yang menyukai silaturahmi/pertemanan.
Banyak masyarakat kita menggunakan FB hanya sekedar untuk menambah teman, chat, kumpul dengan teman lama dan sejenisnya.
Padahal FB bisa kita manfaatkan untuk berpromosi mengenai produk atau website kita.
Caranya beragam, mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar.
Berikut beberapa cara mempromosikan produk/web melalui FB :
1. Bergabung dengan komunitas yang memiliki member ribuan orang. Semakin banyak member akan semakin baik.
Anda bisa mencarinya pada menu pencarian di FB.
Misal anda ingin bergabung dengan komunitas bisnis online, maka cukup ketik “bisnis online” maka akan tampil komunitas tersebut.
Anda cukup memilih bergabung dengan komunitas yang anggotanya minimal ribuan.
Jika sudah bergabung maka pelajari apakah memungkinkan anda memposting iklan anda di grup tersebut atau tidak.
Anda cukup lihat saja apakah member lainnya ada yang memposting iklan mereka atau tidak. Hal ini penting agar kita tidak dianggap spammer.
Biasanya posting bisa dilakukan di wallatau berkomentar atau posting link website anda
Selain bergabung dengan komunitas yang sudah ada, anda juga bisa membuat komunitas sendiri.
Caranya adalah dengan membuat account FB khusus untuk berpromosi (terpisah dengan FB pribadi anda) atau jika ingin tetap menggunakan akun FB pribadi, maka anda bisa membuat membuat halaman (page) di FB.
Anda bisa lihat di http://www.facebook.com/pages lalu buatlah halaman Anda sendiri dengan mengklik tombol “Create Page”.
Cara seperti ini sebenarnya tidak mudah karena anda harus mengundang banyak orang kecuali anda memang memiliki produk atau website yang disukai banyak orang sehingga mereka rela bergabung dengan komunitas anda.
Bahkan ada orang yang menggunakan cara “akal-akalan” seperti memajang foto wanita cantik dan seksi sehingga mereka mau bergabung.
Cara lain bisa dilakukan dengan software pengundang massal seperti di facebookblaster.com atau di facebookfriendblaster.com yang tentunya anda harus mengeluarkan uang untuk membelinya.
Jika komunitas yang anda buat sendiri mampu membuat banyak orang bergabung hingga ribuan orang atau bahkan jutaan, maka selanjutnya pekerjaan jadi lebih mudah karena anda tinggal menyebarluaskan iklan anda dan meraup keuntungan lebih banyak lagi.
3. Jika dua cara diatas bisa anda lakukan tanpa biaya, maka cara berikut ini sangat mudah karena bisa menjangkau seluruh facebooker di daerah tertentu yang anda targetkan.
Namun untuk hal ini anda harus membayar biaya iklan ke FB.
Contoh penempatan iklannya bisa anda lihat pada gambar dibawah ini (ditandai kotak merah).
Untuk memasangkan iklan di FB, anda bisa klik “Create an Ad” pada kotak dibagian paling atas lalu ikuti saja petunjuknya.
Yang terpenting adalah pastikan iklan anda muncul sesuai target pasarnya (negara, kota, usia, jenis kelamin dan lain sebagainya).