-->

Syarat dan Tata cara sujud syukur

Syarat Sujud Syukur


Sujud syukur tidak disyaratkan menghadap kiblat, juga tidak disyaratkan dalam keadaan suci karena sujud syukur bukanlah shalat. Namun hal-hal tadi hanyalah disunnahkan saja dan bukan syarat. Demikian pendapat yang dianut oleh Ibnu Taimiyah rahimahullah yang menyelisihi pendapat ulama madzhab. 

Tata cara sujud syukur


  1. Suci lebih afdhal. Sujud syukur itu juga memerlukan syarat-syarat sebagai syarat-syarat shalat, tetapi ada pula ulama yang berpendapat bahwa syarat-syarat itu tidak diperlukan sebab memang bukan termasuk dalam shalat. Dalam kitab Fat-hul 'Allam disebutkan bahwa pendapat kedua inilah yang lebih tepat. Syaukani berkata:
    "Dalam sujud Syukur tidak terdapat sebuah hadits pun yang menjelaskan bahwa untuk melakukannya itu disyaratkan berwudhu, suci pakaian dan tempat."
  2. Takbir diperlukan (?) . imam Yahya dan Abu Thalib. berpendapat bahwa tidak terdapat keterangan dari Nabi saw. yang menjelaskan bahwa dalam sujud syukur itu diharuskan bertakbir, hanya saja disebutkan dalam kitab Bahr bahwa dalam sujud syukur itu takbir diperlukan.
  3. Tata caranya. Seperti sujud tilawah. Yaitu ;
    1. dengan sekali sujud.
    2. Ketika akan sujud hendaklah dalam keadaan suci lebih baik, tidak juga tidak apa apa,
    3. menghadap kiblat,
    4. lalu bertakbir,
    5. kemudian melakukan sekali sujud.
    6. Saat sujud, bacaan yang dibaca adalah seperti bacaan ketika sujud dalam shalat.
    7. Kemudian setelah itu bertakbir kembali dan mengangkat kepala.
    8. Setelah sujud tidak ada salam dan tidak ada tasyahud.
  4. Tidak di waktu shalat. Imam Yahya berkata bahwa sujud syukur dalam shalat tidak dibolehkan, dan memang tidak ada seorang ulama pun yang memperkenankannya, sebab tidak ada sangkut-pautnya sama sekali.
Syarat dan Tata cara sujud syukur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown