-->

Ancaman meninggalkan sholat berjamaah Hadits 1

Ancaman meninggalkan sholat berjamaah



Hadits 1
Ibnu Abbas r.a berkata Rasulullah saw bersabda ;
“Barangsiapa mendengar seruan adzan, tetapi tidak memenuhinya tanpa suatu uzur, maka shalatnya yang dikerjakannya tidak akan diterima.” Para sahabat bertanya “Apakah uzur-nya?” Beliau saw. menjawqab, “Ketakutan atau sakit.” (Hr. Abu Dawud, Ibnu Hibban dan Ibnu Mjah-at Targhib)

Maksud dari “ Shalatnya tidak diterima” adalah dia tidak akan memperoleh pahala dari shalat yang dikerjakannya, walaupun kewajibannya telah ditunaikan. Dengan kata lain, dia tidak akan memperoleh kemuliaan dan kehormatan yang seharusnya dia terima. Ini adalah menurut para imam kita. 
Ancaman meninggalkan sholat berjamaah Hadits 1
Sedangkan para sahabat dan sebagian tabiin mengatakan bahwa meninggalkan shalat berjamaah tanpa alasan yang kuat adalah haram hukumnya. Jadi, shalat berjamaah hukumnya wajib, sehingga banyak ulama yang mengatakan bahwa meninggalkan shalat berjamaah, shalatnya tidak sah.

Imam Hanafi rah.a mengatakan , meskipun shalatnya sah namun dia tetap berdosa karena meninggalkan berjamaah. Ibnu Abbas r.a berkata bahwa orang yang seperti itu berdosa karena mengingkari Allah swt. Ibnu Abbas juga berkata, “Barangsiapa mendengar azan, tetapi tidak melaksanakan shalat berjamaah, maka dia tidak menghendaki kebaikan dan tidak mau diberikan kebaikan.” Abu Hurairah r.a berkata “Barangsiapa yang mendengar suara azan, tetapi tidak shalat berjamaah, maka lebih baik dituangkan cairan timah yang mendidih kedalam telinganya.”



Ancaman meninggalkan sholat berjamaah Hadits 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown